Saturday, November 17, 2012

Tafsir Mars PLH

Tuhan ciptakan alam nan indah
Manusia penerima amanah
Wahana karya bernilai ibadah
Ambil manfaat jangan serakah

Tafsir:
Tuhan telah menciptakan jagad raya yang indah dan menciptakan manusia dan memberikan amanah pada manusia untuk menjaga alam. Kita juga harus bersyukur dengan alam yang indah yang telah diberikan Tuhan sehingga dapat dimanfaatkan. Tapi kita tidak boleh serakah dalam memanfaatkan alam. 

Karya agungnya teramat luhur
Semua makhluk hidup makmur
Amal berkah tumbuh subur
Jagad raya sujud syukur

Tafsir:
Alam yang telah diberikan Tuhan itu membuat semua makhluk ciptaan-Nya hidup sejahtera. Juga terdapat banyak nikmat yang sangat berlimpah yang diberikan Tuhan melalui alam. Karena Tuhan telah memberikan kesejahteraan dan nikmat yang berlimpah melalui alam, maka kita sebagai makhluknya wajib bersyukur.

Buma, Buha, Mata
Buka mata, buka hati
Memelihara alam titipan Allah
Buma, Buha, Mata
Buka mata, buka hati
Memelihara alam titipan Allah
Jagalah mata, jagalah hati
Ayunkan tangan, langkahkan kaki
Memelihara alam titipan Ilahi
Cermin insan khalifah fi ardhi

Tafsir:
Kita harus sadar bahwa kita harus menjaga dan memelihara alam yang telah diberikan Tuhan kepada kita karena kita bisa memanfaatkan alam untuk melangsungkan kehidupan kita di Bumi. Kita juga harus menjaga hati kita supaya tidak egois memanfaatkan alam. Gerakkanlah tangan dan kaki kita untuk memelihara alam yang telah diberikan Tuhan kepada kita karena orang yang bisa memelihara alam adalah ciri-ciri pemimpin yang baik di muka Bumi.

Karena ulah tangan manusia
Darat dan laut rusak binasa
Warisan anak cucu tak tersisa
Bencana alam di mana-mana

Tafsir:
Bencana alam yang banyak terjadi banyak yang disebabkan karena perlakuan manusia yang kurang baik dalam memenfaatkan atau mengolah alam. Karena bencana yang terjadi itu, daratan dan lautan rusak. Rusaknya alam (daratan dan lautan) menyebabkan keturunan-keturunan kita tidak dapat melihat indahnya alam seperti dulu lagi.

Jiwa siswa SMA 8 dan pendidikan lingkungan hidup
Ecological Youth Environmental Source
Siswa peduli lingkungan hidup
Cermini insan khalifah fil ardhi
huuu.. fil ardhi

Tafsir:
Siswa dan siswi SMAN 8 Pekanbaru mempelajari dan memperdalam tentang lingkungan melalui pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup. Siswa dan siswi SMAN 8 Pekanbaru juga memiliki jiwa peduli akan alam lingkungan hidup yang sangat kuat, karena orang-orang yang peduli dan dapat memelihara dan memanfaatkan lingkungan hidup adalah ciri-ciri dari pemimpin yang baik di muka Bumi.

No comments:

Post a Comment